Monday, July 14, 2014

Tips mencegah stress dan sehat bekerja di kantor


1. Tinggal dekat dengan kantor
Mungkin dengan memilih lokasi tempat tinggal yang hanya beberapa langkah dari tempat kerja dapat membuat anda hidup lebih segar tanpa harus memikirkan perjalanan panjang yang harus ditempuh setiap harinya.
2. Tidak membawa pulang kerjaan
Di rumah adalah waktunya anda menjalankan hidup sosial, sehingga anda wajib menghindari lembur di rumah membawa pekerjaan.
3. Bekerja untuk ibadah bukan uang semata
Jangan lupa menjalankan ibadah anda selama menjalankan berbagai tugas kantor seperti solat wajib, salat sunat, puasa wajib, puasa sunah, dan lain-lain. Jika anda bekerja ikhlas demi Allah dan tidak banyak mengharap imbalan yang besar, maka anda bekerja akan tenang, nyaman, damai, tentram dan tanpa beban.
4. isi waktu istirahat yang bermanfaat
Pada saat jam istirahat jangan dihabiskan untuk hal-hal yang tidak penting seperti main game sendirian, isilah seperti tidur siang sebentar, makan-makan dengan teman sekerja, nbobrol dengan banyak teman, cuci mata, jalan-jalan, merintis bisnis sampingan, dan masih banyak aktivitas berguna lainnya.
5. Rajin bercanda
Salama bekerja dan istirahat kerja tidak ada salahnya anda bercanda dengan orang-orang yang ada di sekitar anda untuk mencairkan suasana.
6. Minum Air Putih Yang Cukup
Dengan tercukupi kebutuhan air bagi tubuh yang baik maka kita bisa terhindar dari dehidrasi. Kebutuhan minum air putih dalam sehari adalah lebih dari 8 gelas. Minum air putih juga baik untuk kesehatan ginjal kita.
7. Olahraga Ringan
Walaupun sesibuk apapun kita olahraga sangat penting gan, maka olahraga ringan dapat juga kita lakukan dalam aktifitas bekerja kita di kantor. Berjalan kaki menaiki menuruni tangga bila kantor bertingkat akan lebih menyehatkan daripada menggunakan fasilitas lift yang tersedia.
8. Akrab dengan rekan, atasan dan bawahan
Jika teman-teman dan atasan di kantor sudah anda anggap seperti keluarga sendiri, maka anda bekerja bisa jadi nyaman serta akan saling membantu dan mendukung jika mengalami kendala-kendala dalam bekerja.
9. Bawa barang-barang yang anda sukai atau menghibur
Tidak ada salahnya anda membawa bingkai foto keluarga, foto pacar, boneka kesayangan, pajangan-pajangan unik, aksesoris lucu-lucu, ato/unik-unik, majalah hobi, dan lain-lain. Buat senyaman mungkin dengan menyeting tempat kerja atau ruang kerja anda sesuai dengan apa yang anda mau, tetapi tetap wajar tidak nyeleneh.
10. Berlibur
Tips ini yang paling disenangi untuk menjaga kesehatan kerja,berlibur sangat penting untuk dilakukan, tentunya akan mengembalikan stamina anda seperti kita baru mengganti baterai pada tubuh kita. Liburan akan membantu anda melepaskan stress dan melepaskan lelah.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/535c8ce40f8b4647228b4573/15-cara-pekerjaan-kantor-merusak-tubuh-anda/

No comments:

Post a Comment